Berbisnis tak cukup hanya modal untung-untungan saja. Lebih dari
itu sifat profesionalisme dalam bekerja dan pantang menyerah haruslah menjadi
pegangan yang tertanam kokoh pada jiwa-jiwa entrepreneur. Ada pola manajemen dan strategi usaha yang
harus dipelajari, dipraktikan, lalu terus menerus dievaluasi.
Manajemen usaha atau business management adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, memimpin, staff dan mengendalikan kegiatan berbagai sumber
daya dalam organisasi melalui usaha manusia sistemik, terkoordinasi dan
kooperatif untuk mencapai tujuan organisasi.
1.
Manajemen
usaha – bisnis adalah beraksi Ada banyak ungkapan mengenai sukses
dalam dunia bisnis. Beraksi, itulah hal wajib bagi para pengusaha. Jika sudah
melakukan, meski salah, paling tidak kita tahu dimana letak kesalahannya, dari
sinilah kemudian pengusaha itu disebut sebagai manusia pembelajar. Belajar dari
pengalaman, belajar dari kehidupan.
Manajemen
usaha – langkah sukses
Ada 4 hal atau langkah-langkah yangt
harus ditempuh bagi calon pengusaha dalam mencapai puncak sukses
1. Manajemen
produksi
Manajemen produksi merupakan pengaturan dan perencanaan terkait ketersediaan bahan baku maupun bahan jadi yang siap dipasarkan pada sebuah perusahaan bisnis. Manajemen bisnis di bidang produksi menyangkut bagaimana proses produksi itu bisa berlangsung dengan baik sehingga mampu menghasilkan produk atau layanan yang diminati oleh konsumen.
Manajemen produksi merupakan pengaturan dan perencanaan terkait ketersediaan bahan baku maupun bahan jadi yang siap dipasarkan pada sebuah perusahaan bisnis. Manajemen bisnis di bidang produksi menyangkut bagaimana proses produksi itu bisa berlangsung dengan baik sehingga mampu menghasilkan produk atau layanan yang diminati oleh konsumen.
2. Manajemen pemasaran
Manajemen bisnis di bidang pemasaran menyangkut segala bentuk perencanaan, bentuk, target serta tujuan dan hasil dari sebuah proses marketing atau pemasaran. Penjualan yang meningkat dan upaya untuk memperkenalkan produk kepada konsumen merupakan target utama dari sebuah manajemen pemasaran.
Manajemen bisnis di bidang pemasaran menyangkut segala bentuk perencanaan, bentuk, target serta tujuan dan hasil dari sebuah proses marketing atau pemasaran. Penjualan yang meningkat dan upaya untuk memperkenalkan produk kepada konsumen merupakan target utama dari sebuah manajemen pemasaran.
Tanpa adanya sebuah manajemen pemasaran yang baik, maka
sebuah perusahaan akan mengalami kondisi sulit dalam hal pemasukan atau income
yang diperoleh. Pemasaran memegang peran vital terhadap eksistensi sebuah
perusahaan. Produk atau jasa yang kurang bermutu pun akan bisa terjual laris
apabila perusahaan Anda memiliki seorang manajer pemasaran yang handal.
Kreatifitas dan inovasi perlu dijalankan dalam merancang sebuah manajemen
bisnis di bidang pemasaran.
3. Manajemen distribusi
Manajemen bisnis di bidang distribusi memegang peran mendukung manajemen pemasaran. Meskipun pemasaran telah berjalan dengan baik, namun apabila manajemen distribusi mengalami hambatan, maka marketing juga akan terganggu. Proses penyaluran barang produksi atau layanan jasa kepada konsumen sangat ditentukan oleh bagaimana pola manajemen distribusi tersebut dirancang oleh sebuah perusahaan.
Manajemen bisnis di bidang distribusi memegang peran mendukung manajemen pemasaran. Meskipun pemasaran telah berjalan dengan baik, namun apabila manajemen distribusi mengalami hambatan, maka marketing juga akan terganggu. Proses penyaluran barang produksi atau layanan jasa kepada konsumen sangat ditentukan oleh bagaimana pola manajemen distribusi tersebut dirancang oleh sebuah perusahaan.
4. Manajemen
finansial
Manajemen finansial di dalam sebuah usaha bisnis menyangkut transparansi dan pengelolaan sirkulasi keuangan sebuah perusahaan. Manajemen keuangan menyangkut bagaimana keuangan perusahaan mampu dibagikan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.
Manajemen finansial di dalam sebuah usaha bisnis menyangkut transparansi dan pengelolaan sirkulasi keuangan sebuah perusahaan. Manajemen keuangan menyangkut bagaimana keuangan perusahaan mampu dibagikan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.
Tanpa adanya sebuah manajemen bisnis yang baik di bidang
keuangan, maka biasanya perusahaan tidak mendapatkan data keuangan yang jelas.
Hal ini biasa dialami oleh para pengelola bisnis kecil yang masih amatiran,
dimana manajemen keuangan jarang diperhatikan sehingga untung atau ruginya saja
sebuah usaha bisnis sulit ditentukan.
Beberapa bentuk manajemen bisnis di atas sangat penting
diperhatikan oleh para pengelola usaha bisnis yang ingin sukses dalam
menjalankan sebuah bisnis usaha. Tanpa adanya sebuah manajemen yang baik, maka
mustahil sebuah perusahaan akan mampu berjalan dengan baik seperti yang menjadi
harapan pemiliknya.
STRATEGI:
-
Berada
pertama dipasar dengan produk atau jasa baru
-
Posisikan
produk dan jasa baru tersebut pada relung pasar ( niche market ) yang tidak
terlayani
-
Fokuskan
barang dan jasa pada relung yang kecil tetapi bisa bertahan
-
Mengubah
karakteristik produk, pasar atau industri
ATAU STRATEGI LAINNYA :
-
Pertahanan
Bersaing
-
Mencoba
untuk produk yang menjadi “Andalan Utama Yang Baru” dan tidak
berkonsentrasi pada perbaikan keberhasilan produk yang sudah ada
-
Mengambil
langkah positif dan proaktif untuk menguasai manajer kunci ahli teknik
profesional yang selalu diikutsertakan dalam pembentukan keberhasilan
perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar