Kamis, 12 April 2012

Dana Pembangunan Infrastruktur

Butuh Rp 1.786 Triliun untuk Pembangunan Infrastruktur

 

 

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri, Suryo Bambang Sulisto, mengatakan Indonesia butuh Rp 1.786 triliun untuk pembangunan infrastruktur sesuai dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).
Pemerinciannya, Rp 681 triliun untuk infrastruktur energi dan listrik, Rp 339 triliun untuk jalan raya, Rp 326 triliun untuk rel kereta api, dan Rp 242 triliun untuk infrastruktur telekomunikasi.
"Dana yang dibutuhkan untuk infrastruktur amat besar," katanya dalam rilis Kamis, 12 April 2012. Ia mengatakan pemerintah mesti bermitra untuk memenuhi kebutuhan tersebut. "Dunia bisnis punya minat untuk meningkatkan kegiatan di Indonesia," ucapnya.
Suryo menilai pemerintah butuh melaksanakan forum-forum nasional dan regional untuk membantu menarik mitra pembangunan infrastruktur.
Pada 2-5 Mei 2012 Indonesia akan menggelar dua kegiatan berskala nasional dan regional. Di Jakarta Convention Center, pada tanggal tersebut, akan digelar Indonesia International Infrastructure Conference Exhibition (IIICE). Di saat bersamaan Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah untuk menggelar Asia Pasific Ministerial Conference on Sustainable and Inclusive Infrastructure Development (APMC-SIID).
Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan penyelenggaraan APMC-SIID dan IIICE 2012 merupakan dukungan terhadap implementasi MP3EI. "Memastikan program nasional kita baiknya dikoordinasikan dengan strategi Pan-Asia Pasifik yang bertujuan merevitalisasi pertumbuhan regional," ujar dia.
Menurut Menteri Hatta, AMPC-SIID dan IIICE 2012 akan menjadi titik kebangkitan pembangunan infrastruktur di Indonesia. »Kehormatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah acara konferensi skala Asia-Pasifik ini.”
Acara ini diselenggarakan oleh Kadin bekerja sama dengan Badan Perencana Pembangunan Nasional dan Badan Koordinasi Penanaman Modal. Menko Perekonomian akan mengkomandoi langsung pelaksanaan kegiatan ini.

sumber :  http://id.berita.yahoo.com/butuh-rp-1-786-triliun-untuk-pembangunan-infrastruktur-085457356.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar